Jumat, 26 Agustus 2016

Profil Ust. Syafi’i

Ust. Syafi'i
Ust. Syafi'i Kediri
Beliau orang yang sangat bersahaja. Hari-harinya diisi dengan belajar dan mengajar. Hampir-hampir tangannya tidak pernah lepas dengan kitab. Mengaji mengaji dan mengaji. Di saat waktu luang, beliau isi dengan bercengkrama dengan anak-anak dan cucu-cucunya yang masih kanak-kanak. Kebahagiaan dan ketentraman tergambar diwajah beliau dengan semua aktifitas yang dijalaninya.
Sebagai seorang murid, saya sangat bersyukur bisa dekat dengan beliau. Saya termasuk salah satu orang yang tiap hari menjemput beliau ketika akan mengajar di Ma’had Aly Darul Hikmah Lil fiqhi Waddakwah Nurul Hakim dan mengantarkan beliau pulang saat jam pelajarannya telah habis. Itu sangat sering terjadi, sekitar dua, tiga tahun lamanya. Iya.. kebetulan waktu itu saya sebagai staf di Ma’had Aly sekaligus sebagai mahasantri disana.  
Di Desa Kediri, Beliau dikenal sebagai salah satu ahli nahwu sharaf atau mungkin satu-satunya ulama nahwu sharaf yang masih ada pada saat itu dan masih aktif mengajar. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya para santri yang datang mengaji langsung ke rumah beliau, seperti pondok pesantren Nurul Hakim, pon-pes Islahuddiny, pon-pes Yusuf Abdussatar, pon-pes NW Selaparang dan mungkin banyak lagi dari pondok-pondok pesantren sekitaran Kediri dan luar Kediri juga.
Selain ahli dalam nahwu sharaf beliau juga sangat ahli dalam ilmu faraid. Sudah banyak masyarakat yang meminta beliau untuk menyelesaikan masalah-masalah harta warisan yang sedang mereka perdebatkan. Saya sebagai murid sangat merasakan bagaimana beliau menjelaskan permasalahan-permasalahan dalam ilmu fara’id dan cara penyelesaiannya. Mulai dari yang sangat dasar sampai penyelesaiannya melalui hitung-hitungan rumus. Beliau juga begitu sabar dan teliti mengoreksi tiap latihan/ulangan yang kami jalani, kemudian membetulkannya satu persatu di papan tulis. Beliau sering memberikan semangat kepada muridnya dengan guyonan-guyonan lucu yang menjadikan muridnya mengintropeksi diri.
Beliau lahir di Kediri. Tempat tinggal beliau dengan keluarganya di utaranya masjid Jami’ Baiturrahman Kediri, sedikit ke barat (pinggir jalan besar Kediri). Beliau wafat tahun 2011 yang lalu. Semoga amal jariyah beliau berupa ilmu yang telah diajarkan menjadi penuntun beliau menuju syurga-Nya Allah Subhanahu wata’ala. Wallahu’alam.

Dari Muridmu
Sabtu, 27 Agustus 2016     
  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar