Senin, 22 Desember 2014

Profil TGH. Syukron Khalidy Kediri[1]



TGH. Syukron Kholidi (alm.)
TGH. Syukron Kholidi (alm.)
Nama               : TGH. Syukron Khalidy
Lahir                : Gatep, Ampenan Selatan, 1939 (kurang lebih)
Alamat asal      : Ampenan Mataram
Alamat tinggal  : Karang Bedil, Kediri Lombok Barat.
Anak                : Ust. H. Muharrar Syukron, MA. dll.
Keahlian          : Ulama Fiqih.
Wafat               : 26 November 2014

Beliau dilahirkan dan dibesarkan di Desa Gatep, Ampenan selatan kota Mataram. Garis keturunan orang tua beliau berasal dari keturunan orang Bugis yang sudah tinggal di Ampenan berpuluh tahun lamanya. Hal ini bisa dilihat dari warna kulit beliau yang putih / kuning langsat sebagaimana kulit orang-orang Bugis umumnya. Nama asli kecil beliau yang diberikan oleh bapaknya H. Khalidi adalah Kurdi, kemudian perubahan nama beliau menjadi Syukron Khalidy terjadi setelah beliau menunaikan haji ke Baitullah Makkah Al-Mukarromah, yaitu perpaduan dua nama dari nama anak beliau (Muharrar Syukron) dan nama bapak beliau (H. Khalidi).
Waktu seumuran anak sekolah dasar, beliau belajar di sekolah rakyat yang ada di Ampenan dan selain itu juga beliau sudah mulai mengkaji kitab-kitab kecil seperti, ilmu fiqih, nahwu dan shorof kepada guru-guru ngaji di kampungnya. Setelah menamatkan studinya di sekolah rakyat, beliau dibawa orang tuanya ke kota santri Kediri untuk lebih memperdalam ilmu agama, tepatnya di Pondok Pesantren Islahuddin Kediri. Saat dalam masa pendidikannya di pondok, beliau termasuk orang yang cerdas dan pintar, hal ini terbukti saat beliau masuk Pon-Pes Islahudiny tanpa melalui atau melewati kelas satu dan dua, tapi beliau langsung naik ke kelas tiga. Ini terjadi karena kemampuan beliau yang berada diatas rata-rata dalam hal mengkaji kitab-kitab kecil dan juga berkat dasar-dasar ilmu agama yang sudah dipelajari sebelumnya.
Setelah sekian lama menimba ilmu di Kediri dan beliau pun sudah menjadi anak remaja, beliau dipercaya pimpinan pondok Islahuddin untuk mengajar di pondok tempatnya menimba ilmu sendiri. Beliau mengabdi bertahun-tahun lamanya disana sampai pada suatu saat terjadi sedikit gejolak/perselisihan antara pimpinan Pondok Pesantren Islahuddin dengan guru-guru pengajar di pondok tersebut.[2]
Berawal dari gejolak itulah, cikal-bakal berdirinya Pondok Pesantren Nurul Hakim Kediri yang didirikan oleh mertuanya sendiri, yaitu TGH. Abdul Karim (alm). Beliau pun pindah mengajar anak-anak santri Nurul Hakim yang hanya beberapa orang saja. Dalam pengabdiannya, beliau merupakan orang yang tekun dan tawadduk dalam menjalankan tugas mendidik dan mengajar para santrinya, tanpa mengenal lelah letih dan tanpa mengharapkan imbalan. Selain itu juga beliau dipercaya oleh masarakat kampungnya (Kediri dan Ampenan) dan masyarakat di luar kecamatan Kediri untuk mengisi kajian di masjid-masjid mereka sesuai dengan jadwal yang telah disepakati. Saat mengisi kajian ke luar, jarang sekali beliau dijemput oleh mobil meskipun itu tempatnya jauh dan berbukit-bukit sehingga beliau mesti diantar oleh santrinya mengendarai sepeda motor (Win model lama) dan kadang juga dijemput oleh jama’ahnya. Seingat penulis, ada sekitar belasan tempat kajian beliau di luar ataupun di dalam kecamatan Kediri, bahkan mungkin dua puluhan tempat.
Sebelum menikah dengan anak TGH. Abdul Karim yang sekaligus menjadi guru ngaji beliau, beliau merupakan murid kesayangan TGH. Abdul Karim. Sehingga dalam banyak kesempatan beliau sering diikut sertakan dalam kegiatan-kegiatan beliau (TGH. Abdul Karim), hingga pada akhirnya beliau dijodohkan dengan putrinya langsung. Penulis masih ingat ketika beliau (TGH. Syukron Khalidy) mengatakan kepada kami saat bercerita tentang istri beliau yang sangat beliau cintai dalam hidupnya ini, “sealin te mauk ilmu, ite mauk lemu endah” maksudnya, selain beliau mendapat ilmu dari gurunya, beliau juga mendapatkan putri gurunya sebagai pendamping hidup beliau. Itu merupakan keberkahan dari Allah yang beliau dapatkan melalui sang guru sekaligus mertuanya.
Beliau hidup bersama istrinya berpuluh tahun lamanya sampai beliau dikaruniai beberapa orang anak, hingga takdir yang memisahkan mereka pada awal-awal tahun dua ribuan (abad 21). Beliau sangat cinta kepada istrinya yang meninggalkannya ini, sampai beliau sering menyebut-nyebut kebaikannya saat mengaji dihadapan santrinya. Diantara kebaikan istrinya tersebut yang sering beliau ceritakan kepada kami adalah saat beliau sudah selesai menikah, istri beliau menyuruh beliau untuk membeli sebidang tanah dengan mahar yang diberikan kepadanya sebagai tempat tinggal mereka (rumah beliau sekarang) dan sebagai biaya untuk membuat sumur tempat anak-anak santri mengambil air untuk minum, wudhu', mandi, nyuci dan lain sebagainya. Selain itu juga, istrinya ini rajin sekali ibadah shalat malam dan berbakti kepada beliau. Sampai-sampai beliau merasa malu kepadanya, karena setiap beliau bangun tidur untuk shalat subuh, beliau pasti menemunkan istrinya tertidur di atas sajadah sholat malamnya. Beliau sangat terkesan dengan istrinya ini sehingga hampir disetiap selesai pengajian bersama jama’ah kajiannya, beliau akan mendo’akan almarhumah istrinya bersama-sama. Allahu yarhamha. 
Sekitar dua tahun setelah kepergian istri tercintanya, beliau menikah lagi dengan Hj. Hafizah. ia adalah putri dari murid pengajian beliau yang berasal dari Karang Bedil juga dan masih punya hubungan keluarga dengan almarhumah istrinya. Dari pernikahannya yang kedua ini, beliau dikaruniai seorang putri yang cerdas, namanya ....(lupa juga).
Setelah Pondok Pesantren Nurul Hakim menjadi pondok yang maju dan besar, beliau tetap mengabdikan dirinya untuk mengajar dan mendidik anak-anak santrinya. Terakhir beliau hanya mengajar di Ma’had Aly Darul Hikmah Fiqih dan Dakwah dan tidak lagi mengajar di MTs dan Aliyah, mengingat usia beliau yang sudah uzur. Namun beliau tetap mengisi kajian di luar di masyarakat umum.
Sebagai tambahan, saat bapak TGH. Shafwan Hakim (pimpinan Pon-Pes Nurul Hakim yang sekarang) masih kecil, beliaulah yang sering mengantarkannya ke sekolah menggunakan sepeda ontel karena TGH. Shafwan Hakim adalah anak dari TGH. Abdul Karim atau kakak iparnya atau kakak dari istrinya sebelum menikah. Kira-kira berbedaan umur beliau dengan TGH. Shafwan Hakim enam tahunan, beliau lebih tua.
Sedangkan memori penulis dengan beliau banyak sekali dan sangat berkesan dalam hati penulis, diantaranya adalah penulis sering menjemput dan mengantar pulang beliau ketika mengajar di Ma’had Aly Darul Hikmah Fiqih dan Dakwah, sekitar tiga tahunan lamanya. Selain itu juga beliau sering memberi nasehat-nasehat keagamaan kepada penulis dan sekaligus penulis menimba ilmu dari beliau. Beliau juga sering memberikan kepada penulis oleh-oleh makanan/berkat ketika menjemput atau mengantar beliau pulang ke rumah beliau.[3]
Mengenai keahlian beliau, beliau sangat mahir dan ahli sekali dalam bidang ilmu fiqih, hal ini karena ilmu fiqih sudah beliau dalami dan ajarkan berpuluh-puluh tahun lamanya. Bahkan lebih dari setengah umur beliau.
Masyarakat lombok dan khususnya Pon-Pes Nurul Hakim telah kehilangan ulama yg sangat dicintai masyarakat dan santrinya. Semoga Allah SWT. membalas segala jasa-jasa beliau dengan surga-Nya dan menjadikan jasa-jasanya itu sebagai amal jariyah yang selalu mengalir pahalanya kepada beliau. Allahummagfir lahu warhamhu wa'afihi wa'fu'anhu.
Dan terakhir, mudah-mudahan ada pengganti atau penerus perjuangan beliau dalam mendidik dan mengajar umat pada masa yang akan datang... Amiin.


      
  




[1] Artikel singkat ini adalah hasil dari memory/ingatan penulis tentang sejarah hidup bapak TGH. Syukron Kholidi yang diceritakan oleh beliau langsung ketika mengajar di Ma’had Aly Darul Hikmah. Jadi penulis mohon maaf kalau ada yang kurang tepat dan jelas dalam penyampaiannya.

[2] Penulis tidak terlalu tau dengan gejolak/perselisihan yang terjadi saat itu.
[3] Dari artikel singkat ini, penulis berharap ada dari pembaca yang mau menyempurnakan atau mengomentari kekurangan dari tulisan ini supaya artikel ini menjadi lebih sempurnya.

9 komentar:

  1. tolong lengkapi blognya ! asal dan nama kecil beliau. dan keturunan beliau dari keturunan bugis nampaknya perlu di kaji lagi. syukron

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimaksih ust. Jack Samudra atas sarannya, insyaAllah sy akn lengkapi yg kurng tersbut. nnti klo sya ke pondk NH, sy akn tnyakn lg tentng riwyt hidup bliau. minta informasi dri antum jg...

      Hapus
    2. Beliau berasal dari Lingkungan Gatep Ampenan selatan. Nama kecil Beliau adalah Kurdi. Ayah Beliau bernama .H.Khalidi.

      Hapus
    3. iya ustazd, ana baru inget skrng. trmaksih ats informasinya...

      Hapus
    4. o ya ustad. afwan, ana juga baru inget. emang benar beliau keturunan bugis dari ibu beliau.

      Hapus
    5. afwan ustad. boleh ana ijin publikasikan tulisan antum ini di Seputar lingkungan Gatep tempat asal Alm.TGH.Syukron Khalidi.

      Hapus
    6. Tafaddol ustazd. biar kita semua dan juga masyarakat disana lebih mengenal beliau dan menjadikan beliau sbgai teladan bgi pemuda2 yg akan datang. dan jg akan semakin banyak yg mendo'akan beliau.

      Hapus
  2. ide yang luar biasa, lanjutkan. semoga artikel ini sebagai langkah awal menulis biografi tokoh lainnya, biar tidak hilang. dan menjadi karya refrence suatu saat nanti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukron ustazd ats motivasinya. rencnanya sy mau nulis kish hidup antum yg inspiratif itu jg ni.. he. ana jg udh bc blog antum. keren...

      Hapus